Header Ads

Header ADS

NTB Kenalkan Kekayaan Budaya dan Kulinernya


Cakrawala Nusantara - Beberapa tenda putih memenuhi halaman depan panggung besar di anjungan Nusa Tenggara Barat, Taman Mini Indonesia Indah. Kesemuanya menawarkan berbagai benda khas Bumi Gora, serta memperkenalkan produk asli dari masing-masing suku maupun kabupaten di NTB. Ada bingka dolu, kue iwen, madu putih, ayam taliwang, plecing kangkung, kain tenun, hingga mutiara langsung dari pulau yang masuk dalam zona Indonesia tengah itu.

Ya, itu adalah suasana dari Festival Budaya dan Kuliner NTB 2017 yang digelar pada tanggal 24 Desember 2017 yang lalu. Ketua panitia, Sri Ida Astuti, mengaku meski hanya sehari, ia berharap festival ini dapat memperkenalkan kekayaan dan keunikan yang dimiliki NTB pada masyarakat Nusantara, khususnya warga ibukota.

"Kampung halaman saya dan tim, Nusa Tenggara Barat, memiliki kekayaan budaya dan kuliner yang patut dilirik oleh masyarakat Indonesia. Dengan acara meriah ini, saya berharap orang-orang lebih mengenal makanan dan budaya kami," ujar perempuan yang akrab disapa Tuti ini.
Acara semakin meriah dengan banyaknya keluarga asal NTB turut datang memadati arena anjungan. Mereka yang berbagi tanah kelahiran yang sama, seakan reuni di festival ini.

Siang yang cerah itu, pengunjung dapat menikmati makanan khas NTB juga menikmati tabuhan Gendang Baleq, serta menyaksikan berbagai tarian yang dipertunjukkan oleh anggota sanggar tari dari anjungan NTB, seperti Tari Wura Bongi Monca  yang merupakan tari penyambutan khas Bima, NTB dan Tari Batu Nganga yang mengisahkan sebuah cerita daerah tentang kecintaan masyarakat terhadap putri raja.

"Kami berharap bisa mengadakan acara ini lebih dari satu hari. Namun satu dan lain hal, keinginan itu belum bisa tercapai. Pun kami ingin menunjukkan pesona destinasi NTB yang tak kalah menarik, selain Mandalika yang sedang digarap pemerintah. Semoga tahun depan, kami bisa memberikan yang terbaik," imbuhnya. (Eka Nian)

Sumber: https://saliha.id/-melalui-festival-budaya-dan-kuliner-2017-ntb-kenalkan-kekayaan-rahasianya

No comments

Powered by Blogger.