Header Ads

Header ADS

SKRIPSI MANAJEMEN KEUANGAN BAGIAN I


ANALISIS KINERJA KEUANGAN DITINJAU DARI RASIO LIKUIDITAS DAN RENTABILITAS MODAL SENDIRI PADA CV. OMAH DESIGN DI MATARAM TAHUN 2017
By: Eka Kurniawan
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang
Perkembangan usaha di era globalisasi semakin pesat, banyak usaha-usaha yang bermuunculan. Kemunculan berbagai perusahaan baik kecil maupun besar sudah merupakan fenomena yang biasa. Fenomena ini mengakibatkan tingkat persaingan antar perusahaan semakin ketat. Setiap perusahaan yang didirikan memiliki tujuan untuk mendapatkan keuntungan atau laba. Keuntungan/laba ini, digunakan perusahaan untuk mempertahankan usahanya. Perusahaan harus selalu memperhatikan perkembangan kinerja keuangannya untuk bisa mempertahankan usahanya tersebut.
Kinerja keuangan merupakan hal penting yang harus diketahui oleh setiap perusahaan untuk menunjang tumbuh dan berkembangnya perusahaan. Kinerja keuangan adalah prestasi atau keberhasilan perusahaan dalam menghasilkan laba yang diperoleh. Hal ini diungkapkan oleh Indriyo Gitosudarmo dan H. Basri (2002) yang menyatakan bahwa kinerja keuangan merupakan prestasi keuangan yang dicapai oleh perusahaan dalam periode tertentu.
Penilaian kinerja keuangan sangat penting dilakukan oleh perusahaan, karena dengan mengetahui kinerja keuangan maka dapat dijadikan pihak manajemen dalam pengambilan keputusan keuangan. Selain itu, kinerja keuangan juga dibutuhkan oleh pihak luar perusahaan seperti kreditur dan investor.
Untuk mengetahui kinerja keuangan suatu perusahaan dapat dilihat dari laporan keuangan yang dibuat oleh perusahaan tersebut. Laporan keuangan yang diterbitkan oleh perusahaan memang memberikan informasi posisi dan kondisi keungan perusahaan, akan tetapi laporan tersebut perlu analisa lebih lanjut dengan alat analisa keuangan yang ada untuk mendapatkan informasi yang lebih berguna dan lebih spesifik dalam menjelaskan posisi dan kondisi keuangan perusahaan. Adapun alat analisis yang dapat kita gunakan adalah rasio likuiditas, rasio solvabilitas, rasio rentabilitas. Analisa dengan rasio likuiditas akan memberikan informasi seberapa besar kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban yang harus segera dipenuhi.
Dalam pengertian yang sederhana, laporan keuangan adalah laporan yang menunjukkan kondisi keuangan perusahaan pada saat ini atau dalam periode tertentu, laporan keuangan menggambarkan pos-pos keuangan perusahaan yang diperoleh dalam suatu periode.
Kasmir (2008:7) secara umum, pengertian laporan keuangan adalah laporan yang menunjukkan kondisi keuangan perusahaan pada suatu periode tertentu.
Harahap  (2008:105) menyatakan bahwa Laporan keuangan menggambarkan kondisi keuangan dan hasil usaha suatu perusahaan pada saat tertentu atau jangka waktu tertentu. Adapun jenis laporan keuangan yang lazim dikenal adalah neraca, laporan laba rugi, laporan arus kas dan laporan perubahan posisi keuangan.
Laporan keuangan merupakan dokumen yang penting dalam mengelola keuangan dari suatu kegiatan, entah itu dalam kantor, perusahaaan ataupun usaha lainnya. Dengan adanya laporan keuangan ini, perusahaan dapat menilai suatu kegiatan usaha/proyek/bisnis itu baik/bagus atau tidak, apakah usaha tersebut baik nilai investasinya atau tidak, kegiatan usahanya wajar atau tidak. maka dibutuhkan alat analisa laporan keuangan perusahaan seperti, 1) analisa laporan keuangan komparatif yaitu Analisa dilakukan dengan membandingkan pos-pos yang ada dalam laporan keuangan untuk dua periode atau lebih, 2) analisa laporan keuangan common size yakni suatu alat analisa yang membandingkan antara pos yang satu dengan pos akun yang lain pada tahun yang sama. Untuk analisis laporan laba rugi, penjualan ditetapkan 100%, dan untuk analisa neraca, total asset ditetapkan 100%, 3) analisis rasio dipergunakan untuk melihat kondisi perusahaan apakah baik atau tidak. Rasio yang dapat dipakai diantaranya yaitu : a) Rasio Likuiditas, b) Rasio Gross Profit Margin. c) Debt Equity Rasio, d) Return on Asset, e) Turnover Persediaan, 4) analisis arus kas merupakan alat utama untuk melakukan evaluasi atas sumber dan penggunaan dana. Analisa ini memberikan gambaran yang lebih mendalam mengenai bagaimana perusahaan memperoleh pendanaannya dan melakukan alokasi sumber dananya. Analisa ini juga dapat digunakan untuk melakukan peramalan arus kas dan merupakan bagian dari analisis likuiditas, 5) dan penilaian dilakukan untuk memperkirakan nilai intrinsik dari suatu perusahaan atau nilai intrinsik sahamnya, dasar teori yang digunakana adalah present value. Cara ini merupakan salah satu bagian dari penilaian usaha.
Kegunaan dari laporan keungan itu sendiri yaitu data akuntansi yang diambil dari laporan laba rugi dan neraca dalam beberapa periode pencatatan kedua elemen tersebut berasal dari elemen laporan keuangan. Dengan adanya data tersebut dapat dianalisa melalui analisa rasio likuiditas, dan rasio rentabilitas. Masing masing analisa tersebut akan memberikan informasi tentang kinerja keuangan suatu perusahaan. Analisis keuangan yang sering digunakan untuk menilai kinerja suatu perusahaan adalah analisis rasio keuangan. Dengan analisis rasio keuangan akan dapat diketahui tingkat likuiditas, tingkat solvabilitas dan tingkat rentabilitas perusahaan. Dengan mengetahui tingkat suatu perubahan, maka akan dapat diketahui kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban jangka pendeknya dengan jaminan harta lancarnya. Tingkat likuiditas ini sangat berguna bagi perusahaan khususnya kreditur yang memberikan kredit jangka pendek. Pada tingkat solvabilitas, akan dapat diketahui kemampuan perusahaan dalam memenuhi semua kewajibannya dengan jaminan harta yang dimilikinya, tingkat solvabilitas ini sangat berguna bagi kreditur, untuk memberikan kredit jangka pendek maupun jangka panjang. Dan dengan mengetahui rentabilitas, maka akan dapat diketahui kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba dengan modal yang dimilikinya, hal ini sangat penting untuk mengetahui efisiensi suatu perusahaan.
Jadi dengan mengetahui tingkat likuiditas dan rentabilitas suatu perusahaan, maka akan dapat diketahui keadaan perusahaan yang bersangkutan, apakah perusahaan tersebut baik atau buruk sehingga dapat diperkirakan tentang kelangsungan hidup perusahaan yang bersangkutan.
Menurut Munawir (2004 : 64), mengadakan analisa hubungan dari berbagai pos dalam suatu laporan keuangan merupakan dasar untuk dapat mengintrepretasikan kondisi keuangan dan hasil operasi suatu perusahaan. Dengan menggunakan laporan yang diperbandingkan, termasuk data tentang perubahan-perubahan yang terjadi dalam jumlah rupiah, prosentase serta trendnya, penganalisa menyendiri bahwa rasio secara individu akan membantu dalam menganalisa dan mengintretasikan posisi keuangan suatu perusahaan.
Rasio menggambarkan suatu hubungan atau pertimbangan atau perimbangan (mathematical relationship) antara suatu terntu dengan jumlah yang lain, dan dengan menggunakan alat analisa beruapa rasio ini akan dapat menjelaskan atau memberi gambaran kepada penganalisa tentang baik atau buruknya keadaan atau posisi keuangan suatu perusahaan terutama apabila angka rasio tersebut dibandingkan dengan angka rasio pembanding yang digunakan sebagai standar.
CV. Omah Design Mataram adalah perusahaan Kontraktor dan konsultan Interior yang didirikan pada tahun 2013, yang berlokasi di Graha Permata Kota Blok DI 03/04 Selagalas - Mataram.  begerak dalam bidang Jasa Konsultan/kontraktor  interior, dan furniture. Untuk efesensi biaya operasional, secara langsung perusahaan mengontrol kondisi lapangan secara berkala yang dilakukan secara bergantian dengan tenaga pelaksana perusahaan, dengan tujuan disamping untuk meminimalkan biaya operasional juga untuk meminimalkan kesalahan yang terjadi dilapangan.
Dalam mengembangkan kegiatan usahanya CV. Omah Design Mataram lebih mengutamakan menggunakan modal sendiri daripada menggunakan modal pinjaman. Ini dikarenakan CV. Omah Design Mataram belum memperhatikan struktur modal yang sesusai, sedangkan struktur modal modal yang efektif memungkinkan untuk adanya kemudahan dalam pengumpulan modal tambahan.
Mengingat bahwa semakin pesatnya persaingan pasar global, yang akhirnya menuntut CV. Omah Design Mataram untuk ikut ambil bagian didalamnya. Oleh sebab itu bukan hal yang tidak mungkin kalau kebutuhan masyarakat lambat laun akan meningkat, untuk mengantisipasi hal tersebut perlu tambahan modal yang cukup besar.
Karena melihat pentingnya manfaat dari analisa likuiditas dan rentabilitas suatu perusahaan bagi pihak intern maupun pihak ekstern perusahaan serta di tunjang data data dan teori yang selama ini penulis peroleh maka penulis ingin menyajikan penulisan ilmiah ini dengan judul “Analisis Kinerja Keuangan Ditinjau Dari Rasio Likuiditas Dan Rentabilitas Modal Sendiri Pada CV. Omah Design Di Mataram”.
1.2.Rumusan Masalah
Berdasarkan pada latar belakang masalah yang telah dikemukakan, maka rumusan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.2.1.      Bagaimana kinerja keuangan CV. Omah Design di Mataram ditinjau dari rasio likuiditas dan rentabilitas modal sendiri?
1.2.2.      Adakah pengaruh kinerja keuangan CV. Omah Design Mataram terhadap rasio likuiditas dan rentabilitas modal sendiri?

1.3.Batasan Masalah
Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai fokus penelitian, maka hal-hal yang dapat diuraikan dalam batasan masalah ini adalah hal-hal yang berhubungan dengan variable penelitian, obyek penelitian, populasi atau subyek-subyek penelitian dan lokasi penelitian.
1.3.1.      Variabel Penelitian
Macam-macam variabel yang berhubungan dengan penelitian ini adalah sebagai berikut:
a.  Variabel bebas adalah sifat atau karakteristik yang mengakibatkan hasil atau sasaran berbeda atau bervariasi, variabel bebas dalam penelitian ini adalah: Analisis kinerja keuangan.
b.  Variabel terikat adalah hasil atau obyek penelitian. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah rasio likuiditas dan rentabilitas modal sendiri.
1.3.2.      Obyek Penelitian
Obyek penelitian dalam skripsi ini adalah analisis kinerja keuangan ditinjau dari rasio likuiditas dan rentabilitas modal sendiri pada CV. Omah Design di Mataram.
1.3.3.      Lokasi Penelitian
Tempat dilaksanakannya penelitian ini adalah CV. Omah Design di Mataram, yang berlokasi di Graha Permata Kota Blok DI 03/04 Selagalas - Mataram.
1.4.Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah diatas maka penelitian ini memiliki tujuan sebagai berikut:
1.4.1.      Untuk mengetahui kinerja keuangan CV. Omah Design di Mataram ditinjau dari rasio likuiditas dan rentabilitas modal sendiri.
1.4.2.      Untuk mengetahui pengaruh kinerja keuangan CV. Omah Design Mataram terhadap rasio likuiditas dan rentabilitas modal sendiri.
1.5.Manfaat Penelitian
Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat yaitu :
1.5.1.      Manfaat Teoritis
a.  Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat dalam memperkaya ilmu pengetahuan dalam bidang jasa konsultan/kontraktor interior khususnya dalam menganalisis kinerja keuangan.
b.  Hasil penelitian ini diharapkan dapat merangsang peneliti lain untuk mengadakan penelitian lebih lanjut tentang hal-hal yang belum terungkap dalam penelitian ini.
1.5.2.      Manfaat Praktis
a. Hasil penelitian ini diharapkan sebagai bahan acuan bagi peneliti atau pelaku jasa konsultan/kontraktor interior dalam rangka menganalisis kinerja keuangan ditinjau dari rasio likuiditas dan rentabilitas modal sendiri.
b.   Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi sumber informasi dan bahan masukan bagi pihak jasa konsultan/kontraktor, khususnya tentang analisis kinerja keuangan ditinjau dari rasio likuiditas dan rentabilitas modal sendiri.
1.6.Sistematika Pembahasan
Adapun sistematika pembahasan dalam penulisan skripsi ini adalah:
1.      BAB I Pendahuluan
Pada bab ini membahas latar belakang masalah, rumusan masalah dan pembatasan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian baik secara teoritis maupun praktis dan sistematikan pembahasan.
2.      BAB II Tinjauan Pustaka dan Perumusan Hipotesis
Pada bab ini dijelaskan tentang kinerja keuangan, jenis rasio, rasio likuditas, rentabilitas dan modal sendiri, kerangka pemikiran dan hipotesis.
3.      BAB III Metode Penelitian
Pada bab ini membahas metodologi penelitian, populasi penelitian dan sampel, data penelitian, jenis dan sumber data, teknik pengumpulan data, variable penelitian, metode analisis data dan pengujian hipotesis.
4.      BAB IV Hasil Pembahasan
Dalam bab ini berisi tentang statistis deskriptif/variable penelitian, hasil pengujian asumsi klasik, hasil pengujian hipotesis dan pembahsan hasil penelitian.
5.      BAB V Kesimpulan
Bab ini berisi kesimpulan-kesimpulan yang didapat dari hasil penelitian, keterbatasan penelitian dan rekomendasi.

2 comments:

  1. Saya Widaya Tarmuji, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah TRACY MORGAN LOAN FIRM. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 32 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Tapi Tracy Morgan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: tracymorganloanfirm@gmail.com. Email pribadi saya sendiri: widayatarmuji@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. hati-hati

    ReplyDelete
  2. terima kasih atas informasi nya mbak WIDAYA

    ReplyDelete

Powered by Blogger.