Header Ads

Header ADS

MANFAAT DAUN KUMIS KUCING BAGI KESEHATAN III


Daun Kumis Kucing Untuk Mengobati Batuk dan Masuk Angin

BATUK
Batuk merupakan jenis penyakit yang umum diderita oleh manusia. Penyebab batuk sendiri adalah karena adanya benda asing (debu, alergi, atau kuman) atau sesuatu yang merangsang selaput lendir.
Menurut gejalanya, batuk terdiri dari beberapa jenis, yaitu batuk kering batuk berdahak, bronchitis, batuk asma, serta batuk rejan. Biasanya penyakit ini ditandai dengan rasa gatal ditenggorokan, terkadang juga disertai demam.
Banyak sekali obat dipasaran yang ditawarkan untuk mengobati jenis penyakit yang satu ini. Mulai dari obat yang terbuat dari bahan-bahan kimia, sampai yang berbahan ekstrak tanaman herbal. Adapun ramuan tradisional yang mampu mengatasi penyakit ini adalah dengan menggunakan daun kumis kucing.
Cara Penggunaan:
1. Ambil 15 s/d 20 gr daun kumis kucing yang masih segar dan 1 gelas air bersih
2. Setelah dicuci bersih, rebus daun kumis kucing tersebut dengan segelas air tadi
3. Minum selama 3 kali sehari masing-masing sebanyak 1 gelas

- MASUK ANGIN
Masuk angin adalah penyakit yang ditimbulkan karena adanya perkumpulan gas yang tidak teratur di dalam tubuh. Penyakit ini biasnya disebabkan karena penurunan kondisi tubuh akibat kelelahan, kurang tidur, terlambat makan, kedinginan, atau bahkan karena cuaca panas yang ekstrim.
Penyakit ini bisa diderita oleh segala usia, namun penyakit ini bisa saja sembuh tanpa kita perlu mengkonsumsi obat-obatan.
Adapun gejalanya antara lain:
1. Perut Kembung
2. Badan terasa dingin
3. Mata ngantuk
4. Selera makan menghilang
5. Diare yang berkepanjangan
Jika dibiarkan, penyakit ini bisa berakibat fatal seperti diare yang berkepanjangan, sesak nafas, sakit pada persendian, serta mengalami panas yang tinggi.
Berikut cara tradisional untuk mengatasi masuk angin:
1. Siapkan daun kumis kucing dan segelas air
2. Cuci bersih daun tersebut lalu rebus dengan air tadi, biarkan hingga air rebusan hanya tersisa kira-kira ½ gelas saja, Minum setelah air rebusan tersebut dingin.

No comments

Powered by Blogger.