Kisah Undru (Dea Mas) ; Camat, Panglima Perang Sapugara Taliwang
Hari kamis 17 Rajab 1320 H, bertepatan dengan tanggal 20-7-1906 Masehi, dari sejak pukul 4 subuh hingga pukul 12 siang, si jago merah (api) berkobar membumi menghanguskan kampung Sapugara/Taliwang. Berang Rea (Brang Djamid) pada waktu itu meluap dahsyat, banjir. Langit mendung cuaca redup, angin bertiup menderu, sedang hujan turun gerimis yang diiringgi oleh gemuruhnya halilintar dan kilatnya guntur sambung-menyambung laksana membelah angkasa, bagaikan menggunting langit. Bencana mala petaka menimpa wilayah Kecamatan Taliwang. Orang-orang pada kaget heran dengan kejadian yang mendadak datang, mereka terpaksa siap siaga, berlari-lari mencari tempat perlindungan, rnenyelamatkan diri dari bahaya api dan air, dus, dari hantu maut. Mereka tak rindukan harta, cuma nyawa yang dipikirkan.
Sementara air belum surut, dan hujan belum reda, si jago merah tak enggan padam, tiang-tiang, dinding-dinding, dan atap rumah-rumah, Mesjid dan lumbung-lurnbung padi habis landas dilandanya. Sapugara bermandi api. Dari sana sini terdengar letusan-letusan, ledakan-ledakan peluru bedil, geranat, meriam beruntun, berirama yang diselingi oleh jerit pekik tangisan manusia-manusia, serta rintihan hewan-hewan. Sungguh seram, Negeri, menegakkan bulu roma.
Sapugara yang telah mewakili peperangan. Sapugara jadi abu, arang setelah si api padam disaat sang surya tergelincir. Kalau kita bertanya pada orang-orang pada waktu itu, siapa yang mernpelopori perang Sapugara itu, siapa orangnya ? orang-orang dengan spontan menjawab Undru.
Undru dikenal sebagai seorang tokoh terkemuka oleh rakyat Sapugara Taliwang, pada saat itu menjabat sebagai Demung, (Camat) pada kecamatan Taliwang yang bertempat di Sapugara, berdasarkan persetujuan Sultan Moh. Kaharuddin Sultan Sumbawa. Keturunan dan anak siapa Undru itu? Menurut hikayat rakyat, Undru lahir di Taliwang pada tahun, ? anak tunggalnya Dea Mangku, keturunan raja Goa keturunan Makasar dengan gelar Raja Sulabesi dan Ratunya Angin Mamiri . Kemudian kita bertanya lagi, siapa itu Dea Mangku ?
Diatas dikatakan Dea Mangku keturunan Raja Goa ” Makasar dan ia lahir disana. Ketika ia masih dalam usia muda, Dea Mangku senang merantau ,berkelana mengarungi lautan, melintasi pulau-pulau mencari ilmu dan pengalaman di negeri orang. Diantaranya sebelum ia masuk dan rnenetap di Taliwang Sumbawa, pernah juga ia berkelana di Solo (Surakarta) Jawa Tengah, menuntut ilmu bersama-sama disana dengan pangeran Mangku Bumi ke III Raja Solo. Sudah barang tentu banyak ilmu yang diperolehnya. Dan ilmu-ilmu itu selalu ia amalkan kepada orang-orang yang memerlukannya. Memang ilmu adalah untuk amal. Disamping itu Dea Mangku memiliki sifat-sifat pribadi yang tangkas, sigap serta pemberani. sudah seyogyanya apabila anaknya juga memiliki karakter/piil perangai seperti ayahnya.
Nama Dea Mangku pernah gempar disekitar Alas, Seteluk, Taliwang dan Jereweh, setelah mampu rnenempuh dan menaklukan Mirata di bukit (olat) Mantar (seteluk) bersama seorang penggawanya yang bernama Abbas. Begitulah tentang Dea Mangku, sekilas riwayatnya yang telah mencetak seorang putra : UNDRU alias Dea Mas.
Undrum memiliki watak dan cara kerja yang sama dengan ayahnya Dea Mangku. Rakyat telah mencurahkan kepercayaan kepadanya, jika Undru harus mengemban jabatan sebagai Camat di Kecamatan Taliwang. Undru jadi Camat Taliwang yang beribu kota di Sapugara. Menjadi camat pada waktu itu bukan tugas yang menyenangkan, menghadapi kewajiban yang berat, yang perlu dipecahkan dan dilaksanakan, Sebagai problem yang harus di kerjakan dengan teliti serta ulet. Sebab yang dihadapi bukan setumpuk kertas di atas meja, bukan berlembar-lembar surat didalarn laci, dan bukan pula huruf yang bergaris di dalam buku-buku dengan cap stempelnya, bukan. Yang dihadapi adalah rakyat, manusia-manusia yang berfikir dan berkemauan. Yang dihadapi adalah Bangsa dan Negara, yang pada waktu itu sedang sakit dalam genggaman Imperialisme Belanda.
Rakyat Sumbawa adalah merupakan sebagian/sekelompok dari keluarga besar rakyat lndonesia. Otomatis kalau nasibnyapun sama pula dengan rakyat-rakyat diseluruh pelosok tanah air kita ini. Rakyat Sumbawa pun diperlakukan secara tidak senonoh oleh penjajah. Belanda mengeluarkan peraturan-peraturan baru katanya, bahwa penduduk Sumbawa di haruskan bekerja secara.sukarela, membuat jalan-jalan raya, membangun jembatan-jembatan, gedung-gedung dan lainnya. Mereka disuruh banting tulang tanpa upah. Siapa lalai dipukul seperti kerbau, disetrap, disuruh kerja terus-menerus, selama tiga kali dua puluh empat jam tanpa hentinya.
Begitu pula harta pusaka sang rakyat, tak lepas dari ancaman bea kolonial, semuanya dikenakan pajak dan rente yang tinggi. Barang siapa yang enggan bayar pajak, harta miliknya disita, diblokir, serta sipemiliknya dijadikan budak, siapa yang rnenentang, tentu ia telah rela menjadi tuan rumah di Bui. Rakyat pada masa itu mulai gelisah, mereka merasa kalau kemerdekaan hidupnya terganggu. Pepatah berbicara ”Fajar menyingsing bukan karena jago berkokok, karena matahari terbit”. Begitu pula Undru ketika sebagai Camat, ia tak tega menagih rente kepada rakyat yang sedang demam dengan kesusahan-kesusahan hidup, sekalipun ia disuruh oleh pemerintah kerajaan. Ia selalu berpikir, ”Kalau aku patuh kepada Belanda pasti rakyat memusuhi aku, padahal aku lahir ditengah-tengah rakyat, aku anak kandung rakyat, rakyat bangsaku yang sedarah seketurunan. Aku jadi camat karena rakyat telah menganjurkan kepercayaan mutlak kepadaku, bahwa akulah yang rnenjadi pengemban segala amanatnya. Belanda? ah, mereka pengemis yang hidupnya persis bagai benalu tumbuh nempel di dahan kayu. Ia tumbuh hidup tumbuh subur karena rnenghisap zat-zat kayu, sedang dahan itu sendiri regas kering-kerontang. Belanda yang menjajah yang mengeruk semua kekayaan alam negeri kita, tapi mengapa dia yang mesti menagih, memunggut pajak kepada bumi putra ?Ini tidak seharusnya demikian ini tidak adil namanya”.
Begitulah tanggapan-tanggapan, konsepsi dan analisa. buah pikiran Undru. Ingatannya selalu-cenderung dan terpusat kepada nasib hidup rakyat, rakyat yang sedang digulung oleh derita dan air mata.segala jerit pekik rakyat seolah-olah telah mengilhami seluruh kehidupan Undru. Kini Undru harus banyak bicara dan harus banyak bekerja segala kesibukan. Siang hari ia bekerja seperti biasa, malam hari ia konsolidasi dan bermufakat dengan para punggawa-punggawanya. Tentang bagaimana cara mempersatukan segenap potensi rakyat dan bagaimana kita mengatur taktik, siasat peperangan nanti apabila terjadi. Perang melawan kedholiman Stelsel Kapitalisme, Imperialisme Belanda dan antek-anteknya.
Kini Undru muncul ditengah-tengah rakyat, bangkit mempelopori rakyat mengajak kepada rakyat untuk berjuang demi keadilan dan kebenaran sekalipun jiwa raga yang dipertaruhkan. Keadilan dan kebenaran bisa tercipia apabila kelaliman telah dapat dihancurkan. Rakyat yang berhak menuntunnya tidak bisa bersikap manis, apalagi main mata dengan lmperialisme, selain daripada melawannya, walau dengan cara apapun yang ditempuhnya. Jadi kesimpulannya, rakyat berjuang bukan karena Undru, tapi Undru berjuang dan bergerak karena rakyat, sama kira-kira dengan pepatah tadi.
Undru bersama punggawa-punggawa, para pemuka masyarakat dan rakyat wilayah kecamatan Taliwang rnulai menyusun/mengatur barisan siaga guna menyiapkan diri untuk menghadapi segala kemungkinan-kemungkinan yang datang secara tiba-tiba dari pihak lawan.
Selanjutnya Undru telah mengambil Ne-curong dari Mataiyang, seorang pemelihara/penembak ulung meriam. Nama meriam yang dikenal pada waktu itu ada dua buah, yaitu Dedara Gempuk dan Taruna Banjar, yang sanggup memuntahkan peluru Bubit Mumpir untuk menyapu bersih musuh-musuh.
Demikian pula pada tiap malam jum’at Undru berchulwats ditempat-tempat tertentu sarnbil membakar menyan. Menghalwati simayor bedilnya yang bersubang emas itu dan bermesin Pecunang namanya yang terbuat dari kuningan bercampur tembaga dan perak. Dan pada saat itu Undru sudah kurang aktif bekerja di kantor. Sikap Undru dan kawan-kawan telah diketahui lawan-lawannya, oleh Belanda bahkan Belanda makin curiga setelah segala-gala rencana undru tsb, tercium. Demi melihat gejala-gejala yang sedemikian itu Belanda mengirim beberapa orang utusan yang membawa berita. Pilih satu diantara dua, bayar pajak ataukah perang.
Setelah utusan tersebut diterima oleh Undru ia rnenjawab bahwa bagaimanapun ia serta seluruh rakyat Kecamatan Taliwang yang tunduk dibawah pengaruhnya tidak mau bayar pajak dan lain-lainnva dan mengenai perang, Undru menandaskan bahwa untuk merebut kekuasaan dan kemerdekaan kami akan menempuh dengan berbagai cara. Apabila tidak berhasil dengan cara damai, dengan cara perangpun boleh.
Selanjutnya Undru menegaskan kepada utusan-utusan tersebut. Bahwa memang tatkala pertama kali Belanda datang ke Indonesia segala janjinya manis dan indah. Tapi prakteknya bertolak belakang. Katanya mencari rempah-rempah sambil meluaskan jaringan-jaringan perdagangan yang bersahabat dan sebagainya. Tetapi kenyataannya disulap dengan menjajah, menindas, mengeruk kekayaan serta mengadu dornbakan Bumi Putera sendiri yang tiada berdosa.
Demikian jawaban Undru buat Belanda yang disampaikan kepada utusan-utusan tersebut. otomatis kalau jawaban-jawaban Undru itu diterima oleh Belanda dengan hati gusar dan geram. Undru dan kawan-kawannya telah merasa jika dalam waktu singkat nanti peperangan akan berkobar. Maka rakyat diberi peringatan terutama orang-orang tua yang sudah pikun, perempuan-perempuan dan anak-anak agar segera evakuasi atau menyingkir di ternpat-tempat yang aman. Begitu pula anak istri Undru telah diungsikannya dan diberi peringatan supaya dalam menghadapi macam-macam musibah hendaknya tetap tenang dan waspada.
Sahdan, setelah segenap sesuatunya mustaid maka bersiagalah Undru dengan pasukannya menanti kedatangan serdadu si mata biru itu. Sementara itu serdadu-serdadu Belanda dari Sumbawa Besar. Telah dipindahkan ke Taliwang lengkap dengan segenap peralatannya dari Taliwang mereka mulai mengatur barisan dalam selagorde pasukan berkuda (kabaleri), pasukan-pasukan luar biasa (infantri) dan pasukan-pasukan, penyelidik (Intelegiance Kamuvalse) kesemua pasukan-pasukan itu dipimpin oleh Kapten Yan Clement. Pasukan-pasukan serdadu Belanda tersebut. Bergerak berduyun-duyun menuju Sapugara melalui Brang Panemu dan Bre, ini terjadi pada tanggal 11 Radjab 1320 H (19 Juli 1906) sekira jam menunjukan pukul enam sore saat itu. Dan serdadu-serdadu Belanda yang didrop kira-kira menurut taksiran tidak kurang dari 60 lusin yaitu720 orang.
Pasukan mata-mata Undru melaporkan bahwa Belanda telah masuk menduduki Bre (nama desa), rencana mereka nanti malam pukul 2 malam akan melakukan penyerangan ke sapugara. setelah menerima laporan demikian Undru segera memerintahkan kepada Punggawa Ireng, Punggawa Beaus, masing-masing Sangaria dan Talup, agar segera menyusun tentaranya/pasukannya masing-masing, siap siaga menempati tempat-ternpat yang strategis letaknya guna memberikan pukulan perlawanan sengit kepada setiap musuh.
Malam itu malam kamis 17 Radjab 1320 H ( 20 Juli 1906) suasana sekitar kampung Sapugara, sunyi senyap, tiada bintang yang menampakan dirinya dicakrawala, karena tertutup oleh kabut dan awan hitam menggayut diangkasa, yang hitam laksana cadar yang menutupi wajah manis gadis gurun pasir, hanya jangkerik dan bangsa serangga berlomba mengantarkan suara merdunya keruang alam ini, membuai bersenandung dimalam syahdu.
Meski malam itu sunyi sepi, namun jantung hati manusia pada berdenyut dan berdebar diamuk oleh bermacam-macam hayal, apa jadinya gerangan nanti apabila jadi bertempur, perang dan lain-lainnya.
Tooor. .. . Dooor… ..Tooor. … .. suara pistol, sebagai sen (tanda) tiga kali berturut-turut dari pihak Belanda, yang di tembakan ke atas, pertanda bahwa perang akan dimulai.
Begitu juga Tentara Undru dan kawan-kawan dengan tembakan Dorloknya lima kali berturut-turut memecah keheningan malam sebagai tanda balasan.
Setelah kedua belah pihaknya bermain kode, mulailah mereka-mereka bertempur. Saling bidik, saling tembak, saling pekik, perang campuh, hebat seru dan menyeramkan. Gelegamya suara meriam dan senapan serta gemerciknya pedang beradu, seolah-olah sebuah adegan drama yang menegakkan bulu tengkuk. Itu terjadi pada tanggal 20 Juli 1906, yang diawali sejak pukul 4 subuh dan berakhir pada jam 12:00 siang, dengan lenyapnya kampung Sapugara. Dan disini tidak usah kita lukiskan panjang lebar tentang bagaimana gagah dan sengitnya perlawanan Undru dan kawan-kawan terhadap lawannya yang nyatanya hanya tinggal tiga lusin (36 orang) hanya sisa-sisa serdadu Belanda yang masih hidup, sedang Kapten Yan Clement, mati terbunuh dalam peperangan itu.
Tiada berkata lagi besarnya resiko Belanda yang mesti dikorbankan untuk keperluan perang, baik kerugian jiwa maupun kerugian material. Ini tidak heran berdasarkan kenyataan yang pernah di saksikan oleh rakyat pada zaman itu yakni apabila Si bedil Mayor meletus, maka Pecunang dalam sebutir sanggup menembus musuh-musuh dua setengah lusin (30 orang).
Menurut cerita bahwa peluru Pecunang itu memiliki keistimewaan yang tak pernah dimiliki peluru dan senjata lain, dan mempunyai keajaiban yang luar biasa. Apabila peluru tersebut di tembakan, kena atau tidak kepada sasarannya, maka lazimnya peluru itu kembali lagi kepada pemiliknya. Jadi sama dengan senjata yang dipergunakan oleh Hotentot suku pedalaman asli Benua Australia, yang bernama Bumerang.Rupanya sama dengan busur panah.Dan kalau sekarang pada abad modern ini sama dengan peluru kendali yang digerakan oleh tenaga atom.
Kalau dari pihak lawan banyak yang jatuh korban, maka dari pihak Undru dan kawan-kawan pun tidak sedikit yang gugur/tewas di medan laga .memang didalam peperangan orang tidak memikirkan siapa benar dan siapa salah, siapa menang dan siapa kalah. Karena perang adalah penderitaan dan kehancuran belaka mendengar perkataan perang, terbayanglah dalam kelopak rnata kita dan terdengarlah oleh kita, sorak, sorai gemuruhnya senjata, jeritan dan tangis, tersemburnya darah, daging-daging yang koyak berkeping-keping serta tulang belulang berserakan.Ngeri dan sungguh mengerikan. Katanya jiwa itu mahal harganya dan lain-lain. Tetapi mengapa begitu murah kalau ditembus sebutir peluru atau disambar ujung tombak. Betapa tak redanya pecaturan perang antara manusia di muka bumi ini dan betapa tak habis-habisnya ibu pertiwi kita ini dilumuri darah dan air mata, mengapa penderitaan hidup ini selalu menari-nari dimuka kita, datang dan pergi silih berganti. Perkataan damai laris diobralkan oleh pimpinan-pimpinan Bangsa di Dunia ini, laris seperti pisang goreng dijaja di pasar. Betapa bahagia kita bila mendengar kata damai itu. Namun untuk menciptakan perdamaian itu adakalanya harus ditebus dengan perang, oleh peperangan yang terkutuk.
Sejarah membuktikan apabila terjadinya perang biasanya diakhiri oleh drama yang memilukan hati, bangunan hancur berpuing, hantu kelaparan dan kemiskinan mencekam kehidupan, pengemis-pengemis dan anak-anak yatim piatu yang kehilangan ayah ibu, sebagai mahkota hidupnya bergelandangan dimana-mana, juga perempuan-perempuan yang merasa dirinya agak cantik terus lari ke dunia pelacuran, rnenjajal kehormatan tanpa tarif.
Semuanya itu karena perang, karena menderita lahir batin dan karena lapar. Dalam situasi yang demikian itu, bermacam-macam penyakit yang terjangkit, menjangkiti tubuh-tubuh manusia, TBC, cacar, kudis, busung lapar, sakit kuning, raja singa/spilis, patel dan lain-lain. Panca indera manusia sudah banyak kurang, cacat, infalit.
Belanda telah merasa jika dipihaknya banyak menderita, pengorbanan. Kerugian-kerugian yang parah, akibat perang Sapugara itu. Maka dicarilah muslihat lain untuk menundukan Undru dan kawan-kawan. Mulailah Belanda menjalankan politik adu domba dan dikuasai ( DEVIDE ET IMPERA)nya terhadap Bumi Putera. Belanda banyak menyebarkan mata-mata sewaan alias Belanda pisak (hitam/ bangsa sendiri). Mereka disuruh propaganda dengan kalimat yang manis berbisa. “Saudara mau hidup merdeka dan mewah ? Ikut kami Belanda dari Nederland, datang ke Indonesia ini bukan bermaksud menjajah, tapi betul-betul hendak mendidik dan memajukan taraf hidup saudara-saudara ketempat yang lebih baik, agar saudara-saudara tidak bodoh dan buta huruf. Saudara-saudara jangan keliru kemerdekaan letaknya adalah pada persahabatan dan ke exsistensi secara damai, bukan pada pertempuran. Dan makin terus saudara melakukan serangan kepada Belanda, berarti kemerdekaan saudara akan musnah dan malah rantai belenggu yang rnenjerat saudara-saudara.
Jangan saudara-saudara turut Undru, sebab Undru orang bodoh, peradabannya rnasih rendah. Ikuti Undru berarti penderitaan hidup datang bertubi-tubi, tapi bersatu dengan Belanda berarti sorga, kesejahteraan dan kedaulatan saudara-saudara akan terjamin penuh. “Begitu manis dan lihainya propaganda Belanda yang diludahkan kepada rakyat Kecamatan Taliwang khususnya. Mungkin buat orang yang lemah iman dan kurang memiliki dasar mental yang sehat, gampang saja terpesona, terpikat, bahkan bertekuk lutut dihadapan Imperialis, si mata biru Belanda itu. Orang-orang semacam itu adalah jelas penjilat, pencari muka dan pembunuh, algojo bangsa sendiri. Namun bagi orang-orang yang tebal iman, luhur fiil perangainya dan berjiwa patriot-complit, omongan-omongan si rambut pirang itu, adalah laksana pedang yang ditancapkan kedalam dada sendiri.Timbullah perasaan benci yang tiada putus-putusnya, dan dendam kesumat yang tak terleraikan lagi kepada Belanda.
Undru dan rekan-rekannya bersemboyan : “DARI PADA MUNDUR MENYERAH, LEBIH BAIK MAJU BERLAWAN, MESKIPUN HARUS MATI BERTINDIH BANGKAI” Demikianlah tekad,vang tercetus dalam hati nurani mereka, tekad yang tulus ikhlas. Undru dan kawan-kawannya pantang menyerah mentah-mentah kepada lawan, mereka terus bergerilya. Berkali-kali pasukannya memukul mundur musuh, tapi berkali-kali juga mereka terpukul, melainkan rakyat banyak yang jatuh korban. Selama Undru dan kawan-kawannya bergerilya, selama itu pula Belanda mempergunakan kesempatan-kesempatannya berpropaganda, sehingga banyak rakyat yang menyerah tanpa syarat, tak lagi bersedia perang.
Selama Belanda terus melakukan pengejaran-pengejaran yang di barengi dengan propaganda-propaganda licik untuk mempengaruhi dan memancing publik (masyarakat), tapi Undru dan kawan-kawan kian sengit memberikan balasan perlawanan sambil bergerilya, merayap terus menaiki tebing-tebing curam, menuruni lernbah-lembah dalam, bersembunyi disela-sela batu terjal antara Gunung Keminvak Bakatmonte, terus merayap mendaki bukit-bukit Rarak dan Rungis.
Moral sahabat Sahabat Undru makin tinggi serta semangat mereka untuk bertempur kian mendidih kian bergelora, setelah mengetahui banyak pihak musuh yang rontok.
Menurut cerita rakyat, tatkala berkobarnya perang di Rarak dan Rungis ratusan lusin serdadu-serdadu belanda yang amblas dihujani batu-batuan besar oleh tentara Undru dan kawan-kawannya, dari atas celah-celah bukit.
Makin gigih Undru dan kawan-kawan melancarkan perlawanansambil membobolkan benteng/loji-loji pertahanan musuh, makin tambah kejam Belanda melakukan penindasan-penindasan dan siksaan-siksaan terhadap rakyat, suatu perbuatan yang di luar batasan kemanusian. Tidak sedikit gadis-gadis yang rusak kehormatannya karena diperkosa. Sungguh tak tertahankan oleh rakyat tentang keganasan simata biru itu. Bukan masalah yang aneh apabila pasukan-pasukan tentara Undru dan kawan-kawan kian hari kian menipis, kian surut bahkan kian berkurang jumlahnya. Mereka terbentur oleh makanan, obat-obatan serta persenjataan. Bagaimana tidak demikian, karena banyak lumbung-lumbung padi dibakar. Serta alat senjata yang dipergunakan oleh lawan jauh lebih besar dan lebih modern pada waktu itu.
Tegasnya Undru dan kawan-kawan telah merasa, iika dan pengikutnya sudah terjepit. Mereka mengadakan musyawarah dan mufakat dalam memecahkan problern-problem yang di hadapinya yang kemudian melahirkan suatu keputusan, bahwa Undru dan kawan-kawan sebagainya menyerah tanpa syarat kepada Belanda. Ini dikandung maksud agar supaya rakyat tidak jatuh korban lagi, mengingat dan menimbang pula bahwa pengaruh Undru dan kawan-kawan dikalangan mata rakyat sudah kabur, yang dikarenakan oleh propaganda- propaganda busuk Belanda. Selama perang keluarga Undru dan kawan-kawan, anak-anak, istrinya hidup tercecer tidak menentu lagi, dan sebagainya.
Rakyat mengisahkan pada bulan November 1906, Undru dan kawan-kawannya turun dari bukit rimba Rarak menuju ke Taliwang dengan diusung oleh rakyat, menyerahkan diri kepada Belanda. Ketika Undru menyerah badannya kurus, pakaiannya kumal-kumal, lagi pula sering batuk-batuk saja karena terlalu kuat rninum candu. Segala tekadnya yang tulus iklas yang pernah di ikrarkannya tempo hari itu, disaat ia sedang dijajahnya, kini telah digagalkan dan di koyakkan oleh suasana yang krisis. Ia kembali ke Taliwang bukan seperti di masa lampau sebelum perang, tetapi kini ia pulang menyerahkan jirva raganya pada penjajah setelah sekian kali bertempur, demi keadilan, kebenaran dan kemerdekaan serta demi martabat yang luhur. Selanjutnya Belanda rnenjatuhkan voniskepadanya bahwa Undru dan kawan-kawan akan diasingkan keluar daerah dalam waktu singkat.
Akhir November 1906. Dikala surya timbul di Timur Raya. Dimana angin pagi yang sejuk membelai bunga-bunga dan dedaunan serta embun-embun yang bertengger berkilauan di ujung-ujung rumput, sebentar lagi akan lenyap dipanas syamsu. Wajah kota Taliwang pada zaman itu bagai bermuram durja. Bukit-bukit belantara yang melingkari sekitar kota serta gunung Samoan yang tegak abadi sepanjang jaman, pada ketika itu diam membisu tak sudi bercanda dengan ombak, dengan angin atau burung-burung yang hinggap diranting kayu. Mereka tinggal bermuram duria, berawan gundah gulana semua. Orang berjubel berduyun-duyun menuju alun-alun persanggarahan ingin melihat pendekarnya akan di buang ke negeri orang, serta ingin mendengar kesan-kesan dan salam perpisahannya.
Dengan mengenakan pakaian adat Sumbawa Undru keluar dari persanggarahaan langsung menuju naik ke podium, disambut oleh tepuk tangan riuh rendah, gegap gempita massa : Setelah situasi tenang, barulah dia mengucapkan pidato singkatnya dalam bahasa daerah, yang terjemahannya dalam bahasa Indonesia kira-kira sebagai berikut : “Kawan-kawan, sahabat-sahabat seperjuangan yang saya hormati. Selama kita berjuang untuk kemerdekaan Tanah Air kita ini, tak pernah ragu-ragu bahwa tujuan sejati itu pasti menang. Untuk cita-cita itu, saya dan teman-temanku telah mengorbankan segala hidup ini. Apa yang kita inginkan bagi tanah air ialah hak untuk hidup mulia, untuk martabat yang utuh, untuk kemerdekaan tanpa batasan. Tetapi kolonialisme Belanda dengan sekutunya, tidak menghendakinya. Dan politik mereka dengan sadar atau tidak, secara langsung atau tidak, mendapat bantuan dari pejabat-pejabat tinggi itu yang kita serahi kepercayaan untuk membantu kita. Mereka menyogok beberapa orang dari teman-teman setanah air kita memutar balikan keadaan dan merongrong kemerdekaan kita. Apalagi yang saya dapat katakan tentang mereka? Mati, hidup bebas atau meringkuk dalam penjara, atas perintah kaum Kolonialais.
Bagi pribadi saya sendiri tidaklah menjdi soal. Soalnya adalah Taliwang, Sumbawa yang rakyatnya melarat yang kemerdekaannya telah diroboh menjadi kurungan dan dari luar kurungan itu rnereka menonton kita dengan perasan yang begitu gembira. Tapi bagi saya sendiri tetap tak akan gentar, sebab saya yakin Tanah air yang begitu banyak menderita pasti akan mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatannya.” Demikianlah kira-kira bunyi pidato Undru pada zaman itu. Tatkala ia mengucapkan pidatonya banyak hadirin yang menjatuhkan air mata. Kini Undru telah didampingi oleh istrinva yang setia, yakni SITI dan CEMPAU, serta anak-anaknya yang masih kecil, menunggang atau mengendarai dokar menuju Labuan Balat, dengan dikawal oleh serdadu-serdadu Belanda sambil diiringi oleh para hadirin.
Disela sekian banyak pengiring, KETUB BAE’ (Saad) dari Sapugara dan BENGO, H. ABDULLAH dari Bre dan AHO, SEH HASAN dari Ponjok, ikut serta mengantarnya.
Kapal telah siap menanti di Pelabuhan Balat. Istri-istrinya bersumpah bahwa mereka tetap setia, patuh dan taat kepada suaminya, walau di bawa kemanapun juga, mereka tetap sehidup dan semati.
Kala itu matahari telah tinggi, tepat ada diatas ubun-ubun kepala. Setelah selesai pamitan dan bersalam-salaman dengan semua hadirin, ia serta anak istrinya yang setia masuk terus keruang kapal berdiri diatas deks. Serunai berkali-kali di bunyikan, jangkar telah diangkut diselingi oleh suara mesin yang gemuruh, kapal rnulai bergerak pelan, bertolak meninggalkan pelabuhan Balat yang landai itu. Para pengantar mulai melambai-lambaikan tangannya, dengan sapu tangan, selendang, dan lain-lainnya,
mengucapkan selamat jalan dan selamat berpisah. Lambaian tangan mereka laksana daun-daun nyiur ditiup angin, dan sebaliknya Undru bersama keluarganya membalasnya. Suatu lambaian yang mengandung seribu arti.
Setelah kapal menghilang dibalik tirai lautan, para pengantar kembali pulang ketempatnya masing-masing. Disaat itulah baru mereka rasakan bagai mana sedihnya berpisah dengan pendekar seperjuangannya yang pernah menggentarkan musuh dan yang tidak pernah absen dalam memberikan andil bagi tanah Air dan Bangsanya.Sebaliknya Undru sekeluarga baru merasa kesedihan setelah berpisah dengan kawan, sahabat, kaum kerabat seperjuangannya. Matanya berkaca-kaca digenangi air kepedihan, pedih iika mengenangkan masa-masa perjuangannya yang telah lalu.
Kapal laju- terus diiramakan ombak. Undru masih tertegun, matanya keluar melalui jendela bundar melihat daratan pulau Sumbawa tempat tumpah darahnya yang ia cintai Air laut yang gemerlapan disinari surya mengingatkan ia pada istri-istrinya, yang tak mau turut serta seperti Lala Ringgit dan Lala Kemal. Dikabulkannya seraya berkata : ”Dirgahayulah rekan-rekanku yang senasib sepenanggungan ketenangan dan kebenaran ada ditanganmu, pasti. Kedholiman kolonial niscaya hambruk pada suatu saat”
Demikian Undru sekeluarga, hidup terlunta-lunta dalam pembuangan yang bertahun-tahun diayun-ayunkan oleh gelombang jaman, dipindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain, dengan dalih akan dimerdekakan, padahal prakteknya dibelenggu dalam bui yang indah.Dan akhirnya pendekar sapugara Taliwang itu menghabiskan hayatnya dikota udang Cirebon Jawa Barat, dengan meninggalkan beberapa orang putra-putri yang masih hidup, kembali pulang berkumpul sanak keluarganya di Sapugara Taliwang. Mereka semuanya kini telah disenja usia. Diperkirakan meninggalnya Undru itu pada tahun 1926 Masehi.
(Sumber ; http://gitasparta.blogspot.com)
No comments